Saturday, June 11, 2011

Batam Mini Zoo

Ga’ nyangka ada kebun binatang di Batam. Maksudnya kebun binatang mini, bukan seperti Kebun Binatang Bukit Tinggi si Sumatera Barat ataupun Kebun Binatang Ragunan di Jakarta, karena binatang yang adapun masih terbatas macam ragamnya. Ga’ sampe ada yang gede- gede semacam gajah, harimau atau unta. Namun, cukup menghibur bagi warga Batam yang mengetahuinya.

Terletak di daerah Batu Aji, tepatnya di dalam komplek perumahan Puskopkar Batu Aji. Kebun binatang di perumahan??? Maklum, mini zoo ini dikelola secara swadaya oleh Pak Syarifuddin, warga perumahan tersebut, dibantu oleh beberapa warga sekitarnya yang juga peduli terhadap binatang yang ada.

Kancil
Lutung
Kakak tua
Binatang yang ada di kandangpun cukup beragam, mulai dari buaya yang berukuran sedang, sekitar 2 meter. Ada juga buaya yang masih kecil yang menjadi rebutan digendong oleh pengunjung untuk berfoto ria, termasuk Mas Raihan ”Panji”nya Puri Malaka, heheh... Juga ada 9 ekor elang, 1 ekor kancil, burung kakak tua, burung gagak, burung merpati, jenis burung lainnya, kura- kura, lutung, kukang, dua ekor iguana, dan lain- lainnya.

Selain itu ada juga 16 ekor ular piton terdiri dari berbagai ukuran yang juga suka dielus- elus Mas Raihan. Dek Rakan pun juga berani pegang- pegang karena melihat Mas Raihannya juga berani. Informasi yang aku dapat saat berada di mini zoo ini, mereka sedang menunggu seekor ular piton albino yang baru saja ditangkap di daerah Barelang yang rencananya juga akan dititipkan di tempat ini, yang sedang dalam perjalanan.



Pulau Batam memang surganya para ular. Bermacam- macam jenis ular dapat dijumpai di pulau ini. Namun paling di dominasi oleh piton dan cobra. Ga’ heran jika penduduk perumahan pun kadang- kadang dikagetkan oleh penemuan ular di sekitar komplek perumahan mereka, seperti video berikut dari youtube yang di-upload oleh Posmetro Batam tentang penangkapan ular di perumahan penduduk di Tanjung Uncang, yang dapat ditonton di sini.

Walaupun demikian, selama berdomisili di Batam kurang lebih sebelas tahun, aku belum pernah mendengar maupun membaca di surat kabar adanya kasus akibat gigitan cobra. Mudah- mudahan memang tidak ada yah.... Dan jangan sampai ada.

Jadi, tunggu apalagi, yuk berkunjung ke mini zoo... Alternatif lain wisata di Batam.

Luvyubatam@2011
















No comments:

Post a Comment